Top 3 Anime / Manga Esports

Esports hadir dengan berbagai macam type game dan sumber cerita. Ada yang dimulai dengan cerita film series, movies, juga ada yang bermula dari Manga / Anime jepang, serta ada pula yang memang dari awal developer memulai idenya dari game itu sendiri, atau dengan kata lain, memang tidak ada sumber cerita dari luar.

Kali ini DuniaEsport mencoba mengulas sedikit, Top Esports game yang diambil dari cerita manga atau anime. Yang pastinya sangat cocok bagi para otaku-otaku

1. Pokemon

Yup, sebagai salah satu Franchise tersukses di dunia, Pokemon menjadi kecintaan hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua, dari laki – laki bahkan juga perempuan. Pokemon diciptakan oleh sebuah Perusahaan, Game Freak yang pertama kali merilis Pokemon Red and Green tahun 1996 di Japan. Nintendo saat ini merupakan sole distributor resmi untuk Pokemon.

Pokemon cukup tenar dikalangan antuasistik Esports, terbukti ada beberapa game yang dihadirkan di Esports:

  • Pokémon Video Game Championships (VGC)

Image result for Pokémon Video Game Championships

Permainan yang menggunakan Nintendo 3DS sebagai consolenya tersebut, sudah melangsungkan kompetisinya yang paling akbar pada tahun 2018 lalu dengan titel 2018 Pokémon World Championships: VGC Masters Division Finals, mempertemukan Emilio Forbes dari USA melawan Paul Ruiz dari Ekuador. Yang dimenangkan oleh Paul Ruiz. Bertarung menggunakan pokemon Salamence dan Incineroar, menjadikan Paul Ruiz sebagai Champion 2018.

  • Pokémon Tading Card Games (TCG)

Image result for Pokémon Tading Card Games Masters Division Finals

Salah satu game Trading Card terfavorit, Pokemon TCG cukup banyak diminati di luar negri. Sayangnya, hanya sedikit kalangan yang meramaikan game ini di Indonesia. Turnamen tertingginya: 2018 Pokémon World Championships: Pokémon TCG Masters Division Finals, telah menelurkan juara baru, Robin Schulz dari Jerman, melawan wakil Jeff Kolenc dari Kanada, yang memang minim prestasi. Info terbaru, bahwa finalist Jeff Kolenc, dipermanen banned kan dari keseluruhan turnamen Pokemon resmi dari Nintendo. Dikarenakan ketahuan curang saat Final tersebut. Lucunya bahwa, diberi sanksi setelah turnamen sudah cukup lama selesai.

  • Pokémon Pokkén Tournament

Image result for Pokémon Pokkén Tournament dx

Game fighting yang menggunakan Pokemon sebagai karakter utama ini, memiliki peminat cukup besar di luar negri. Bermula dari Nintendo Wii U sebagai konsol utamanya, tidak disangka-sangka akan sukses dipeluncuran awal game ini. Saat ini diteruskan versi Nintendo Switch. Pada 2018 kemarin turnamen akbar bertajuk 2018 Pokémon World Championships: Pokkén Tournament DX Grand Finals, membawa Jacob “ThanksAlot” Waller menjadi orang di luar Jepang pertama yang menjuarai turnamen ini.

 

2. Naruto

Manga yang terbit pada tahun 1997 karangan mangaka Masashi Kishimoto, tak disangka akan menjadi best selling manga nomor 3 di dunia. Berlanjut dari manga, banyak game developer pun mencari kesepakatan kontrak terhadap manga satu ini.

Dari kesekian banyak game yang rilis, akhirnya keluarlah judul terlaris untuk video game Naruto, yang akhirnya ditarik untuk menjadi game Esports yaitu:

  • Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm series

Image result for Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4

Dikarenakan menjadi game yang paling banyak diminati, sehingga otomatis para Event Organizer Esports pun memasukan judul ini ke dalam salah satu game yang dipertandingkan. Pada saat ini Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 dengan konsol PS4 dan XBOX One nya menjadi game Esports fighting yang cukup sukses di luar negri. Menjadi pilihan bagi para pencinta manga dan anime yang juga suka terhadap video game.

3. Dragon Ball

Manga karya maestro manga Akira Toriyama, yang tokoh utamanya ialah Son Goku ini, adalah termasuk manga yang sangat banyak dibuat fan-manganya oleh para fans loyalnya. Dikarenakan cerita yang sangat mendalam namun kurang kelanjutan dari ceritanya tersebut.

Setelah manga dan animenya laris manis, Dragon Ball pun tak luput dari tawaran membuat game. Game-game yang disajikan ke penikmatnya pun sungguh amat banyak genre nya, yang pasti nomor satunya ialah Fighting, lalu tak kalah juga RPG, Adventure, Trading Card Game, serta Arcade.

Para EO Esports pun melihat peluang dari game Dragon Ball bergenre Fighting akan dapat tempat *sepertinya sulit kalau bersaing* dengan game Fighting laris manis seperti Street Fighter dan Tekken series.

Game Dragon Ball yang masuk kedalam kancah Esports ialah:

  • Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 3

Related image

Game keluaran Sony PS2 ini walaupun sudah sangat lawas, ternyata masih cukup banyak peminatnya. Bahkan beberapa kali turnamen Esports masih membawa judul ini kedalamnya. Gaya bertarung yang bebas dan luas arena yang sangat besar adalah salah satu nilai plus dari game ini.

  • Dragon Ball Fighter Z

Game ini keluar di konsol PS4 ,XBOX One, PC dan Nintendo Switch. Namun PS4 lah yang dijadikan konsol resmi untuk beberapa turnamen Esports.

Image result for Dragon Ball FighterZ

Membawa scene Fighting tipe 2.5D cell shading, game ini cukup berbeda dengan beberapa game fighting untuk franchise Dragon Ball. Banyak sekali yang sudah cukup bosan dengan game fighting yang bertema 2D ataupun full 3D, sehingga tipe game seperti ini menjadi jawaban bagi mereka untuk memulai game Fightingnya lagi.

 

Yup itulah Top 3 Anime / Manga Esports yang paling terfavorit dan cukup sering diadakan turnamennya.

 

 

 

 

Leave a Reply