Top 3 Underrated Mobile Games Esports Calon Booming 2019 di Indonesia

Mobile Games Esports tidak dapat dipandang remeh dikarenakan hanya bermodalkan Hape dan terlihat tidak layak untuk menjadi sebuah olahraga yang dipertandingkan. Dahulu Developer Game takut meluangkan dana untuk mengembangkan di versi mobile, namun karena banyak dukungan sponsor-sponsor sehingga, dari 5 tahun belakangan perusahaan Developer Game AAA mulai mengekspansi proyek game mobilenya masing-masing. Malahan dari sanalah bermunculan Mobile Games Esports.

Setelah beberapa waktu lalu, DuniaEsport membahas Top 3 Game Mobile untuk Esports Indonesia yang Masih Menjanjikan di 2019, sekarang saatnya kami membahas Top 3 Underrated Mobile Games Esports Calon Booming 2019 di Indonesia.

Nama Underrated lebih di fokuskan pada Indonesia sendiri. Di mana gamer Indonesia hanya melulu di Mobile Legends, AoV, atau PUBG Mobile.

Yup kita mulai saja,

1. Hearthstone

Related image

Developer : Blizzard (Game Esport yang sudah diluncurkan sebelumnya: Warcraft series, Starcraft series, Overwatch)

Genre : Trading Card Game

 

Image result for heartstone

Game ini telah diluncurkan 4 tahun lalu, baik diversi iOs maupun Android. Namun iklim game di Indonesia tampaknya kurang cocok dengan genre tersebut. Dari sejarah awal Trading Card Game (TCG) di Indonesia dari Dragon Ball Z, Yu Gi Oh dan Pokemon, terasa ramai hanya pada segilintir kalangan saja. Banyak yang masih berpikiran bahwa TCG hanyalah tipe game anak kutu buku.

Di tahun 2018 kemarin, Hearthstone dipertandingkan di Asian Games. Salah satu Mobile Games Esports yang dipercaya dalam kontes akbar olahraga di Asia. Hal ini lah yang dapat memancing para gamer terutama yang mau berkarir di Esports. Sehingga di tahun 2019 ini kemungkinan akan menjadi salah satu pilihan mobile game yang akan menjamur.

2. Lords Mobile

Related image

Developer : IGG

Genre : Real Time Strategy

Related image

Game yang dilaunching 2016 ini merupakan campuran open-space RPG, Real-time strategy (RTS), dan simulasi mendirikan bangunan. Game ini cukup memberikan angin segar baru untuk penikmat game Real-time strategy dengan map yang cukup besar dan berwarna dengan menggunakan karakter mungil nan lucu. Lords Mobile 2x memenangkan Google Play Awards, yakni Best Competitive Game di tahun 2016 dan Android Excellence Game di tahun 2017.

Sama seperti game no.1 di atas, Lords Mobile tidak banyak diterima oleh kalangan gamer Indonesia. Di Indonesia belakangan ini sangat semarak dengan genre MOBA dengan judul apapun itu. Sehingga genre RTS, ataupun TCG seperti Hearthstone tenggelam.

Pada tanggal 22 April 2018 lalu, 6 tim Lords Mobile terbaik di Asia memperebutkan hadiah USD 30,000 (Sekitar Rp 432 juta). Bertempat di Hongkong, wakil Indonesia, F1X masuk di dalamnya. Turnamen tersebut dimenangkan oleh wakil Korea S8S. Bahkan banyak dari kita tidak menyangka bahwa Lords Mobile masuk kedalam Mobile Games Esports juga.

Prediksi singkat dari DuniaEsport ialah, di pertengahan tahun 2019 nanti, gamer Indonesia mulai membuka diri mereka untuk melirik genre-genre lain selain MOBA. Sehingga game ini kemungkinan akan Booming.

3. Brawl Stars

Related image

Developer: Supercell (Game Esport yang sudah diluncurkan sebelumnya: Clash of Clan, Clash Royale)

Genre : MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

 

Image result for brawl star

Game Battle Arena ini sudah diluncurkan tahun 2017 di negara asalnya , yakni Finlandia. Namun secara umum, pada awal Desember 2018 kemarin, Supercell akhirnya meluncurkan game ini untuk seluruh dunia.

Seperti  game MOBA yang sudah-sudah, game Brawl Stars juga memiliki tingkatan Rank mode, untuk menaikkan level character / hero kita yakni sebagai berikut: League Rewards, Rare, Super Rare, Epic, Mythic, dan Legendary. Game Brawl Stars juga memiliki 8 Mode Game untuk dimainkan: Bounty, Brawl Ball, Gem Grab, Heist, Showdown, Duo Showdown, Robo Rumble, dan Boss Fight.

Brawl Stars memang baru seumur jagung di belantika Playstore dan App Store, namun DuniaEsport prediksi, dengan suasana game Indonesia yang masih mengikuti tren 2017-2018 yakni tren MOBA, maka game ini kemungkinan dapat Booming di awal tahun 2019.

 

Yup itulah Mobile Games Esports yang DuniaEsport prediksi kemungkinan bakal booming di tahun 2019. Sehingga dapat mewarnai tren Esport Indonesia yang masih saja seputar MOBA.

Leave a Reply