Pemerintah China (CMHRSS) mengumumkan Pekerja Esports menjadi Profesi Resmi

Pada 1 minggu menjelang Tahun Baru Cina, tepatnya 25 Januari 2019, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China (CMHRSS) telah mengumumkan dua profesi resmi untuk pekerja Esports yakni, Profesional Esports dan Operator Esports.

2 Profesi ini akan secara resmi diakui sebagai dua profesi baru di negara ini, bersama 13 profesi baru lainnya termasuk A.I. insinyur, insinyur data besar, dan pilot drone.

Apa itu Operator Esports?

CMHRSS mengidentifikasi Operator Esports sebagai berikut:

  • Mereka yang bekerja mengatur turnamen esports
  • Mereka yang menghasilkan konten Esports.

Apa itu Profesional Esports?

Untuk Profesional Esports, kementerian menggunakan istilah ini untuk menggambarkan:

  • Mereka yang bersaing dalam turnamen profesional esports
  • Mereka tampil dalam acara esports
  • Mereka yang juga melatih / scrimmage dengan pemain pro.

Related image

Perlu dicatat bahwa CMHRSS juga mengklaim bahwa salah satu pekerjaan utama seorang Profesional Esports adalah “meningkatkan akun,” di samping peran Support, seperti analis. “Peningkatan akun” di sini maksudnya adalah praktek yang dilakukan oleh setiap pemain profesional, dalam tujuan meningkatkan ranking pribadinya berkompetisi terhadap pemain profesional lainnya.

Di lain pihak, isu mengenai peningkatan akun dilarang keras oleh penerbit game dan penyelenggara turnamen. Di League of Legends Pro League, misalnya, peningkatan akun diakui sebagai pelanggaran serius pada tahun 2016, di samping tindakan curang serta meretas game. Penerbit game Valve juga mengumumkan hukuman atas perilaku tersebut. Pada 11 Januari, Valve me-reset akun 17K, yang sebagian besar digunakan oleh smurf (pemain berpengalaman menggunakan akun kedua untuk bermain melawan lawan yang lebih lemah) dan pembeli akun.

Dalam hal ini, masih belum jelas mengapa CMHRSS menambahkan “peningkatan akun” ke dalam salah satu peran utama profesional olahraga esport ini. Ini berpotensi karena kurangnya komunikasi dan pemahaman antara pemerintah dan industri esports China, atau kesalahpahaman tentang peraturan tersebut.

Namun yang sangat patut ditiru oleh pemerintah pada negara lain, ialah pemerintah sangat menyuport segala bentuk perkembangan olahraga esport ini. Pada bulan Desember tahun lalu, pemerintah Shanghai memulai program pendaftaran atlet olahraga esports dan menandatangani beberapa proyek esports. Pada 2 Januari, pemerintah Xi menandatangani banyak kemitraan dengan perusahaan olahraga Cina.

 

Sumber: TEO